Sabtu, 30 Januari 2010


Sekilas Info, 31 Januari 2010

Kartu debit dan kartu ATM adalah kartu khusus yang di berikan oleh bank kepada pemilik rekening, yang dapat digunaan sebagai alat transaksi secara elektronik, jika digunakan untuk transaksi di mesin ATM maka kartu tersebut disebut dengan kartu ATM, jika kartu tersebut digunakan untuk transaksi pembayaran dan pembelanjaan non tunai dengan menggunakan alat EDC (Elektronic Data Capture) maka disebut sebagai kartu Debit, untuk kartu debit selain otorisasi menggunakan PIN dimungkinkan pula menggunakan tanda tangan seperti halanya kartu kredit.

Kegunaan kartu Debit dan kartu ATM

Kartu Debit dan kartu ATM digunakan untuk transaksi secara elektronik, adapun jenis transaksi yang disediakan yaitu :

  1. Setoran tunai
  2. Penarikan tunai
  3. Transfer dana
  4. Pembayaran
  5. Pembelanjaan

Sedangkan jenis informasi yang di sediakan antara lain.

1.Informasi saldo

2.Informasi kurs

Dan seiring kemajuan teknologi informasi ini terus bertambah.

Keuntungan

  1. Mudah
  2. Aman
  3. Fleksibel
  4. Leluasa

Makna Logo pada kartu Debit dan kartu ATM

Logo yang terdapat dikartu menunjukan kartu tersebut dapat digunakan pada jaringan lokal maupun internasional;

1. Jaringan lokal

Link, ALTO,ATM bersama,PRIMA

2. Jaringan Internasional

CIRRUS,MAESTRO, Mastercard Electronic, VISA Plus, VISA Electron

Biaya

Biaya akan dikenakan pada masing-masing kartu tergantung dengan Bank yang menerbitkan kartu, umumnya biaya dikeluarkan jika menggunakan jaringan lain, biaya transaksi via jaringan yang dikenakan oleh bank penerbit akan berbeda dengan transaksi yang dilakukan pada jaringan lokal dan jaringan internasional.

Hal hal yang perlu di perhatikan

1. Apabila kartu hilang segera melapor ke call center bank penerbit

2. Pastikan kartu selalu berada dibawah pengawasan anda.

3. Pastikan kartu tidak dipindah tangankan ke orang lain.

4. Jangan meletakan kartu didekat benda yang mengeluarkan elektromagnetik atau benda yang mengeluarkan panas.

5. Jangan memberi tahukan PIN anda kepada orang lain, serta setiap waktu periodik PIN harus diganti

6. Kesalahan pemasukan PIN secara berulang akan mengakibatkan Kartu di telan mesin.

7. Tanyakan kepada bank penerbit untuk biaya-biaya yang dan batas transaksi.

Cukup simpel untuk mengetahui tentang kartu ATM dan kartu Debit Lain kali aq lanjutkan tentang Memahami Bunga Kredit…

Hati-hati menggunakan kartu ATM baru-baru ini sedang maraknya pembobolan ATM dengan modus Skimming. Skimming merupakan modus pembobolan ATM dengan cara dengan cara mengkombinasikan data capturing kamera dengan data kartu ATM yang budah terekam dengan alat lain, seperti perangkat yang menyerupai perangkat mesin ATM atau alat skimmer di letakan di mesin ATM, selain itu pelaku meletakan kamera di dekat mesin ATM sehingga pelaku dapat melihat PIN nasabah.

Hasil dari Skimming kemudian membuat kartu ATM dengan data kartu ATM korban sehingga didapat kartu ATM yang identik, dengan memiliki kartu ATM dan no PIN maka pelaku leluasa mengambil uang korban.

Perangkat Skimmer ternyata juga bisa dilakukan melalui alat debit kartu di mall atau toko yang menyediakan layanan pembayaran secara debet. Cara kerjanya hampir sama saja dengan modus yang diterapkan di mesin-mesin ATM.

Untuk mencegah aksi skimmer ini, menurut Departemen Saluran Elektronik Artajasa, yang menjadi penyedia ATM yang digunakan bersama oleh 74 bank di Indonesia, mengatakan bahwa diperlukan pengaman anti skimmer di mesin ATM. Pengaman mesin ATM sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu cocor bebek dan jitter. Cocor bebek adalah alat yang ditempel di mulut slot kartu, sehingga pelaku tidak bisa menempel skimmer. Pengaman kedua adalah jitter, aplikasi yang membuat kartu masuk dan keluar slot secara perlahan, untuk mencegah data terekam, sehingga nasabah diminta sabar untuk menunggu, jangan memaksa tarik atau dorong kartu. Masih dari sumber yang sama, pengaman tersebut ditujukan untuk meminimalisir pencurian bermodus skimmer, walaupun tidak 100 persen dapat menghilangkannya. Nasabah bisa meningkatkan keamanan dengan mengganti PIN dan menutupi dengan tangan ketika memasukkan nomor PIN agar tidak terekam kamera tersembunyi.


Berikut adalah tips agar terhindar dari skimming ATM

  • Jaga keamanan dan kerahasiaan kartu dan PIN Anda. Jangan mencatat nomor PIN di kartu ATM karena rawan digunakan orang lain bila hilang. Jangan pernah memberi tahu PIN ATM kepada orang lain.
  • Hindari menggunakan nomor PIN yang diambil dari tanggal lahir atau nomor lain yang terkait dengan pengguna ATM.
  • Gunakan ATM yang berlokasi di Cabang Bank atau yang dekat security, hindari ATM terpencil walaupun di ATM terpencil tidak perlu antri.
  • Gunakan Ruang ATM yang benar benar aman dan jauh dari orang-orang tidak dikenal.
  • Tutup dengan jari Anda saat Input PIN di ATM
  • Jika kartu macet dan tidak bisa keluar dengan usaha sendiri, tinggalkan saja karena orang lain tidak bisa menggunakan tanpa mengetahui PIN-nya.
  • Jika kejadian ini sudah menimpa jangan panik, segera blokir kartu ATM dan selanjutnya segera laporkan ke kantor kepolisian terdekat.
  • Para pelaku juga sering melancarkan aksinya pada hari libur agar korban tidak bisa langsung menghubungi Bank dari ATM bersangkutan.
  • Pastikan Anda mengambil kembali kartu ATM usai bertransaksi.
  • Jangan tinggalkan kertas struk di mesin ATM. Dan bila kartu tertelan mesin, hubungi bank bersangkutan untuk memblokade rekening.
  • Segera lakukan pemblokiran Kartu ATM, jika Kartu ATM hilang hubungi via telepon atau datangi kantor cabang penerbit kartu.
  • Amati dan waspada ketika masuk ke dalam ruang ATM.
  • Amati apakah ada alat skimmer atau kamera pengintai.
  • Jangan langsung percaya dengan orang yang mengaku sebagai karyawan bank di sebuah mesin ATM.
  • Jangan sembarangan menghubungi nomor telepon yang mengatasnamakan pihak bank.
  • Simpan nomor telepon resmi dan alamat kantor bank Anda

    Sumber : Vice President E-business Head Citibank N.A Rudy Hamdani

    0 komentar:

    Posting Komentar

    BTemplates.com

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Pages

    Profil

    Foto saya
    Jakarta, jakarta selatan, Indonesia
    Remaja. Tinggal di Jakarta. Sedang berusaha menemukan jawaban dari "Siapa saya?". Mencintai binar mata kanak-kanak, langit senja, aroma tanah basah, gelembung sabun, cokelat panas, tertawa keras-keras, dan berpelukan. Tergila-gila pada blog, humor, dan segala jenis buku. Teman yang menyenangkan dan menyebalkan, tergantung suasana hati. Baginya, menulis adalah terapi sekaligus sarana pencarian jati diri. Jadi, jangan tertipu oleh tulisan. Sapa dia jika bertemu di jalan, karena dia akan menyapa balik. Tapi jangan coba-coba menginjak kakinya di dalam angkot, atau menghembuskan asap rokok tepat di mukanya.

    Followers

    Total Tayangan Halaman

    Popular Posts

    Blog Archive