Rabu, 20 Januari 2010


Motivasi Diri, 21 Januari 2010

Ada seorang laki - laki yang tinggal di dekat sebuah sungai. Bulan - bulan musim penghujan sudah dimulai.

Hampir tidak ada hari tanpa hujan baik hujan rintik-rintik maupun hujan lebat.
Pada suatu hari terjadi bencana di daerah tersebut. Karena hujan turun deras agak berkepanjangan, permukaan sungai semakin lama semakin naik, dan akhirnya terjadilah banjir.

Saat itu banjir sudah sampai ketinggian lutut orang dewasa. Daerah tersebut pelan-pelan mulai terisolir. Orang - orang sudah banyak yang mulai mengungsi dari daerah tersebut, takut kalau permukaan air semakin tinggi.

Lain dengan orang-orang yang sudah mulai ribut mengungsi, lelaki tersebut tampak tenang tinggal dirumah.

Akhirnya datanglah truk penyelamat , sebuah Truk Mitsubishi Fuso berhenti di depan rumah lelaki tersebut.

“Pak, cepat masuk ikut truk ini, nggak lama lagi banjir semakin tinggi”, teriak salah satu regu penolong ke lelaki tersebut.

Silelaki menjawab: “Tidak, terima kasih, anda terus saja menolong yang lain. Saya pasti akan diselamatkan Tuhan. Saya ini kan sangat rajin berdoa.”

Setelah beberapa kali membujuk tidak bisa, akhirnya truk Mitsubishi tersebut melanjutkan perjalanan untuk menolong yang lain.
Permukaan air semakin tinggi. Ketinggian mulai mencapai 1.5 meter. Lelaki tersebut masih di rumah, duduk di atas almari.

Datanglah regu penolong dengan membawa perahu karet dan berhenti di depan rumah lelaki tersebut.

“Pak, cepat kesini, naik perahu ini. Keadaan semakin tidak terkendali. Kemungkinan air akan semakin meninggi.

Lagi-lagi laki-laki tersebut berkata: ” Terima kasih, tidak usah menolong saya, saya orang yang beriman, saya yakin Tuhan akan selamatkan saya dari keadaan ini.

Perahu dan regu penolongpun pergi tanpa dapat membawa lelaki tersebut.

Perkiraan banjir semakin besar ternyata menjadi kenyatan. Ketinggian air sudah sedemikian tinggi sehingga air sudah hampir menenggelamkan rumah-rumah disitu. Lelaki itu nampak di atas wuwungan rumahnya sambil terus berdoa.
Datanglah sebuah helikopter dan regu penolong. Regu penolong melihat ada seorang laki-laki duduk di wuwungan rumahnya. Mereka melempar tangga tali dari pesawat. Dari atas terdengar suara dari megaphone:

” Pak, cepat pegang tali itu dan naiklah kesini. “, tetapi lagi-lagi laki-laki tersebut menjawab dengan berteriak:”Terima kasih, tapi anda tidak usah menolong saya. Saya orang yang beriman dan rajin berdoa. Tuhan pasti akan menyelamatkan saya.

Ketinggian banjir semakin lama semakin naik, dan akhirnya seluruh rumah di daerah tersebut sudah terendam seluruhnya.
Bagaimana nasib lelaki tersebut?

Lelaki tersebut akhirnya mati tenggelam.
Di akhirat dia dihadapkan pada Tuhan.

Lelaki ini kemudian mulai berbicara bernada protes:

”Ya Tuhan, aku selalu berdoa padamu, selalu ingat padamu, tapi kenapa aku tidak engkau selamatkan dari banjir itu?”

Tuhan menjawab dengan singkat:

“Aku selalu mendengar doa-doamu, untuk itulah aku telah mengirimkan Truk, kemudian perahu dan terakhir pesawat helikopter. Tetapi kenapa kamu tidak ikut salah satupun?

Sebuah cerita menarik. Demikian juga dalam kehidupan kita, kita bekerja dan selalu melakukan doa kepada Allah s.w.t.

Dan Allah sudah sering mengirimkan “truk”, “perahu”, dan “pesawat” kepada kita, tapi kita tidak menyadarinya.
Lingkungan Kerja, 21 Januari 2010

Salah satu kunci penting memotivasi karyawan adalah menghindari tindakan-tindakan yang membunuh motivasi karyawan. Ini berarti, memotivasi karyawan tidak cukup hanya dengan mendorong karyawan berperilaku motivatif,tetapi juga menjaga diri anda, sebagai seorang pimpinan , untuk tidakmelakukan sesuatu yang dapat mematahkan semangat karyawan. Sikap negatif anda dapat menghalangi sesuatu positif dari orang lain.

Ada banyak hal yang dapat mengendurkan motivasi karyawan. Yang terpenting berasal dari anda sendiri. Berikut beberapa tips beberapa tindakan yang perlu anda ingat-ingat, karena bila tidak, anda dapat menjatuhkan motvasi karyawan.

1--Jangan mengkritik karyawan di hadapan orang lain.

Ini adalah pembunuh motivasi nomor satu. Jangan permalukan karyawan dihadapan orang lain. Meski anda mengatakan sesuatu yang menurut anda benar,namun mengkritiknya di depan umum, dapat melukai perasaannya. Kritik anda dapat meninggalkan bekas luka dalam yang mengubah motivasi menjadi sakit hati dan dendam berkepanjangan.

2--Jangan menghina/merendahkan karyawan.

Melontarkan kata-kata seperti, "bodoh", "goblok", atau kata-kata penuh hinaan lain adalah tindakan yang harus dihindari jauh-jauh. Berhati-hatilah dengan perkataan anda. Jangan sepelekan orang lain. Mereka takkan melakukan sesuatu yang anda inginkan dengan baik jika anda sendiri menganggap mereka tidak becus.

3--Jangan menganggap karyawan sebagai alat.

Sebagai pimpinan , anda memang menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan.Namun, jika anda bersikap seolah-olah memperalat karyawan demi tujuan anda sendiri, anda akan kehilangan simpati dan motivasi karyawan untuk mau bekerja pada anda. Libatkan karyawan pada tujuan bersama. Tunjukkan bahwa anda bersama mereka sedang mencapai tujuan demi keberhasilan bersama.

4--Jangan berlaku tidak adil.

Adalah wajar jika anda senang pada karyawan-karyawan terbaik anda. Namun itu bukan alasan untuk berlaku tidak adil. Perlakuan diskriminatif mudah sekali menjatuhkan semangat seluruh karyawan. Terlebih lagi bila anda tak sadar sedang "dijilat" oleh karyawan yang anda sukai.

Jangan sekali - kali men-judge ada departemen yang menghasilkan dan ada departemen yang tidak menghasilkan.

5--Jangan hanya memikirkan diri sendiri.

Bagaimana perasaan anda saat mendengar atasan membanggakan dan memikirkan kepentingan dirinya sendiri. Anda mungkin merasa direndahkan secara tak langsung. Atau anda mungkin merasa atasan anda sedang mengambil keuntungan dari anda. Maka, itu pulalah yang dirasakan oleh karyawan anda jika anda hanya berpusat pada diri sendiri dan tak memberikan perhatian pada mereka.

6--Jangan ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

Karyawan membutuhkan sebuah keputusan yang tegas, segera, namun bijaksana dari atasannya. Jika anda tampak bimbang dengan keputusan anda sendiri,karyawan akan merasa lebih bimbang lagi. Ini cepat sekali menjegal motivasi.Bukan hanya itu, mereka mungkin tak lagi mempercayai kemampuan diri mereka sendiri juga anda.

7--Jangan melemparkan tanggung jawab.

Tugas pimpinan / manajer adalah membimbing karyawan agar lebih baik dan berhasil. Salah satunya adalah dengan mendelegasikan wewenang. Tapi itu bukan berarti anda terlepas dari tanggung jawab atas tugas tersebut. Melemparkan tanggung jawab dapat meruntuhkan kepercayaan mereka pada anda sebagai seorang pemimpin. Disaat-saat sulit, tunjukkan tanggung jawab anda. Ini menumbuhkan hormat pada anda.

8--Jangan kaku, namun jangan turunkan standar kualitas anda.

Situasi tidak selalu berjalan sebagaimana diharapkan. Anda harus bersikap tegas, namun jangan diartikan sebagai sikap kaku. Terbuka dan terimalah masukan-masukan dari karyawan anda. Namun, anda tetap harus menjaga standarkualitas yang anda inginkan. Jika anda toleran terhadap sebuah kelemahan,anda menurunkan moral karyawan lain yang memiliki inisiatif tinggi.

9--Jangan menunjukkan ketidakpercayaan.

Kunci memotivasi orang adalah memberikan kepercayaan pada mereka.Sebaliknya, mematikan motivasi karyawan paling mudah dilakukan dengan mencabut kembali kepercayaan itu. Sepatah ucapan yang menunjukkan ketidakpercayaan sudah cukup untuk menyingkirkan motivasi mereka.

10--Jangan acuh tak acuh pada karyawan.

Jika anda ingin meruntuhkan motivasi karyawan, jangan berikan perhatian apapun pada mereka. Jangan beri umpan balik. Jangan ingat kejadian-kejadian penting dalam hidup mereka. Jangan berikan waktu bagi mereka untuk berbincang-bincang. Jauh lebih mudah mematahkan semangat, ketimbang membangunnya. Untuk itu, hindari hal-hal yang bisa membunuh motivasi karyawan.

Dan itu, berarti menjaga tindakan anda sendiri. Terutama saya sebagai seorang karyawan,,,hehehehehheeh,,:-)

Lingkungan Kerja, 21 Januari 2010

Karyawan IT (Information Technology) dewasa ini sangat dibutuhkan perusahaan-perusahaan. Sejalan dengan berkembangnya Internet dan perangkat komputer yang hampir selalu ada di perusahan manapun di Indonesia. Level-level pekerja IT juga beragam ada yang baru dan ada yang lama(berpengalaman). Secara umum kebanyakan IT staff di berbagai perusahaan terdiri dari orang Network, System, Database, Hardware, dan sebagainya. Banyak memang bidang-bidang IT ini dan jarang juga sebuah perusahaan mau mengurus sendiri semua system ITnya, dan biasanya ada outsource sehingga staff IT nya hanya sebagai maintainer. Kalau pekerja IT baru lulus dari perguruan tingi atau sekolah komputer biasanya bermain di perusahaan non IT dulu. Kalau yang sudah berpengalaman bisa masuk ke perusahaan IT atau non IT yang memiliki divisi IT lebih besar.
Tak jarang pekerja IT hanya satu di perusahaan, kalau perusahaan besar bisa memiliki divisi IT dengan level Manager sampai Staff. Saat ini banyak perusahaan mencari pekerja IT yang bisa segalanya daripada mencari 2-3 pekerja IT dengan segmentasi pekerjaan. Jika di perusahaan hanya ada pekerja IT seorang saja bisa dipastikan pekerjaan masuk-masuk kolong meja user. Saya pernah mengalami ini pada saat pertama kali kerja di perusahaan non IT di Jakarta.

Tak jarang pekerja IT saat di wawancara dan masuk kerja mendapat pekerjaan yang bukan sesuai kemampuannya. Alasan perusahaan menyuruh harus cepat belajar dan sebagainya. Hasilnya pasti semua pekerjaan lambat dan trial error melulu. Kasus ini terjadi misalnya pada seseorang yang baru pindah kerja. Di tempat lama biasa mengurus Network, begitu masuk di tepat baru disuruh pegang System, misalnya menangani DNS pusat dan cabang, yang sama sekali belum pernah disentuhnya. Saya tidak tau juga saat wawancara apa yang terjadi dan apa yang didealkan disana. Setelah masuk prakteknya si pekerja IT akan tanya sana tanya sini, mengandalkan teman sementara agar bisa solve masalah di kantornya. Boss nya tentu tidak mau tau gimana caranya, yang penting beres kan. Jadinya teman ini harus bekerja cepat dalam mengisi kekosongan ilmu tersebut. Belajar dengan membaca atau googling saja tidaklah cukup, karena tidak pernah atau tidak terbiasa. Jadi butuh waktu.
Intinya selagi masih muda dan mempunyai kemampuan belajar gunakanlah dengan sebaiknya. JIka cukup dana cari kursus cepat agar memudahkan learning terhadap sebuah bidang. Sebenarnya tidak sulit juga karena di Indonesia sistem ITnya banyak hibahan dari negara-negara luar dari produk Macintosh, Windows, Linux, Solaris, Unix, Cisco, Hardware dan sebagainya, pekerja tinggal setup, install, konfigurasi, coding dan maintenance. Satu lagi usahakan saat wawancara jangan bilang anda pernah atau bisa menangani ini itu jika memang tidak mampu, yang akhirnya pada prakteknya repot sendiri.
Kalau sudah capek bekerja sama orang terus, sudah saatnya kerja sendiri dengan memulai membuka usaha IT kecil-kecilan, hehehehe….....kapan yah bisa terelaksana?,,,
apa kata dunia???,,hehehehehhe
Software Tutorial, 21 Januari 2010

Perusahaan di tempat aku bekerja menggunakan software Mail Server dengan produk Windows dan Linux. Software ini adalah Merak Mailserver yang sangat tangguh dan oke punya.Proses installnya dengan remote dari Jakarta. Server untuk Merak ini merupakan server ke 11 yang pernah saya lihat. Merak mailserver yang dibeli merupakan IceWarp Professional Suite dengan komponen didalamnya Mailserver, WebMail, Anti-Spam Module, Anti-Virus Module, Web Server Module, Migration Tool. Ini software sudah mahal memang canggih dibanding software-software gratisan lainnya dengan Linux Based. Merak tidak hanya software untuk email system tetapi juga untuk business communications platform.

Berikut proses instalasi dan konfigurasi Merak Mailserver versi Linux :

Sistem operasi menggunakan Linux CentOS 5.2 :

[root@mail juanita]# tar zxvf merak-9.3.2_RHEL5.2.tar.gz
[root@mail juanita]# cd merak-9.3.2_RHEL5.2
[root@mail merak-9.3.2_RHEL5.2]# ls
INSTALL install.sh LICENSE Makefile Makefile.README merak-image-9.3.2_RHEL5.2.tar
[root@mail merak-9.3.2_RHEL5.2]#

Saya edit dahulu file install.sh untuk menyesuaikan path : /sbin/service dan /sbin/chkconfig

Kemudian memulai instalasi :

[root@mail merak-9.3.2_RHEL5.2]# ./install.sh——EULA ——
Software Licence Agreement for IceWarp Merak Mail Server

EULA

Note: This is a legal agreement between You (our Customer) and us, Icewarp Ltd.
(Icewarp), which governs your use of the IceWarp Merak Mail Server or any of its
components selected by you on the Component License Sheet. By using
IceWarp Merak Mail Server, you agree to be bound by the terms and conditions
of this Software Licence Agreement. You are not allowed to use
IceWarp Merak Mail Server without agreeing to the terms and conditions hereof.

This Software Licence Agreement is for the full version of IceWarp Merak Mail Server and
provides you also a right to access without additional payment all released
updates/upgrades of the IceWarp Merak Mail Server for a period of one year. You can
prolong this period for additional year(s) against payment of annual maintenance fee.
Icewarp reserves the right to license, on the basis of a modified or entirely new licence
agreements, any future or other versions of IceWarp Merak Mail Server.

Copyright© Icewarp Ltd., 2000-2008
All rights reserved.

You may use this product only under a single operating system. For the avoidance
of doubt, you need a separate EULA per each and every operating system of each
and every CPU on which the IceWarp Merak Mail Server is installed.

You acquire no right to distribute the IceWarp Merak Mail Server and no right to copy the
product and/or any associated product documentation unless agreed with Icewarp Ltd.
in writing.

You agree not to decompile, disassemble or reverse engineer the IceWarp Merak Mail Server.

You acknowledge that you obtain no ownership rights to the IceWarp Merak Mail Server under
the terms of this Software License Agreement. All rights in the product including
but not limited to trade secrets, trademarks, service marks, patents and copyrights
are, shall be and will remain the property of Icewarp Limited or any third party
contributor from whom Icewarp has licensed software or technology.

You may not remove any proprietary notices, labels, trademarks on the Merak Mail
Server product or documentation.

Upon installation, the program will send an informative email to our server.
The information contained in this email is strictly confidential and is used for no
other purpose than to aggregate installation statistics.

THIS SOFTWARE IS PROVIDED BY THE COPYRIGHT HOLDERS
AND CONTRIBUTORS”AS IS” AND ANY EXPRESS OR IMPLIED
WARRANTIES, INCLUDING BUT NOT LIMITED TO, THE IMPLIED
WARRANTIES OF MERCHANTIBILITY AND FITNESS FOR
A PARTICULAR PURPOSE ARE DISCLAIMED. TO THE MAXIMUM
EXTENT PERMITTED BY APPLICABLE LAW SHALL THE
COPYRIGHT HOLDERS OR CONTRIBUTORS NOT BE LIABLE
FOR ANY INDIRECT, INCIDENTAL, SPECIAL, EXEMPLARY,
OR CONSEQUENTIAL DAMAGES (INCLUDING, BUT NOT
LIMITED TO, LOSS OF USE, DATA, OR PROFITS; OR
BUSINESS INTERRUPTION) HOWEVER CAUSED AND ON
ANY THEORY OF LIABILITY, WHETHER IN CONTRACT,
STRICT LIABILITY OR TORT (INCLUDING NEGLIGENCE
OR OTHERWISE) ARISING IN ANY WAY OUT OF THE USE OF
THIS SOFTWARE, EVEN IF ADVISED OF THE POSSIBILITY
OF SUCH DAMAGE. IN NO EVENT SHALL THE TOTAL
LIABILITY OF THE COPYRIGHT HOLDERS OR CONTRIBUTORS
EXCEED THE PRICE YOU PAID FOR THE PRODUCT LICENSED
HEREUNDER.

Sign-up procedure:

If you agree with the provisions of this Software License Agreement, please tick the
“I agree with the license agreement” chekbox below. If you do not agree with the
provisions of this Software License Agreement, please exit the system by clicking
“Cancel”.
——EVALUATION ——
Software Licence Agreement for the Evaluation Version of IceWarp Merak Mail Server

For Evaluation and Testing Purposes Only

Note: This is a legal agreement between You (our Customer) and us, Icewarp Ltd.
(Icewarp), which governs your use of the Testing Version of IceWarp Merak Mail Server or
any of its components selected by you on the Component License Sheet. By using
IceWarp Merak Mail Server, you agree to be bound by the terms and conditions of this
Software Licence Agreement. You are not allowed to use IceWarp Merak Mail Server
without agreeing to the terms and conditions hereof.

This Software Licence Agreement is for the Testing Version of IceWarp Merak Mail Server
and provides limited rights for testing purposes only. Icewarp reserves the right to
license, on the basis of a modified or entirely new licence agreements, any future
or other versions of IceWarp Merak Mail Server.

Copyright© Icewarp Ltd., 2000-2008
All rights reserved.

You may use this product for evaluation and testing purposes only under a single
operating system for a period of 60 days.

You acquire no right to distribute the IceWarp Merak Mail Server and no right to copy the
product and/or any associated product documentation unless agreed with Icewarp Ltd.
in writing.

You agree not to decompile, disassemble or reverse engineer the IceWarp Merak Mail Server.

You acknowledge that you obtain no ownership rights to the IceWarp Merak Mail Server
under the terms of this Software License Agreement. All rights in the product
including but not limited to trade secrets, trademarks, service marks, patents
and copyrights are, shall be and will remain the property of Icewarp Limited
or any third party contributor from whom Icewarp has licensed software or technology.

You may not remove any proprietary notices, labels, trademarks on the
IceWarp Merak Mail Server product or documentation.

Upon installation, the program will send an informative email to our server.
The information contained in this email is strictly confidential and is used for
no other purpose than to aggregate installation statistics.

THIS SOFTWARE IS PROVIDED BY THE COPYRIGHT HOLDERS
AND CONTRIBUTORS”AS IS” AND ANY EXPRESS OR IMPLIED
WARRANTIES, INCLUDING BUT NOT LIMITED TO, THE IMPLIED
WARRANTIES OF MERCHANTIBILITY AND FITNESS FOR
A PARTICULAR PURPOSE ARE DISCLAIMED. TO THE MAXIMUM
EXTENT PERMITTED BY APPLICABLE LAW SHALL THE
COPYRIGHT HOLDERS OR CONTRIBUTORS NOT BE LIABLE
FOR ANY INDIRECT, INCIDENTAL, SPECIAL, EXEMPLARY,
OR CONSEQUENTIAL DAMAGES (INCLUDING, BUT NOT
LIMITED TO, LOSS OF USE, DATA, OR PROFITS; OR
BUSINESS INTERRUPTION) HOWEVER CAUSED AND ON
ANY THEORY OF LIABILITY, WHETHER IN CONTRACT,
STRICT LIABILITY OR TORT (INCLUDING NEGLIGENCE
OR OTHERWISE) ARISING IN ANY WAY OUT OF THE USE OF
THIS SOFTWARE, EVEN IF ADVISED OF THE POSSIBILITY
OF SUCH DAMAGE.

Sign-up procedure:

If you agree with the provisions of this Software License Agreement, please tick the
“I agree with the license agreement” chekbox below. If you do not agree with the
provisions of this Software License Agreement, please exit the system by clicking
“Cancel”.

** You must accept this license agreement if you want to continue.

** Press ENTER to accept license or CTRL+C to quit

** Installation/Upgrade mode entered

**

** Installation prefix [/opt/merak]:

** Performing upgrade

**

** Please check entered informations before continuing:

**

** Installation prefix: /opt/merak (upgrading)

** Services will run as user: root

** Services will run as group: root

**

** Press ENTER to continue, CTRL+C to quit

** Extracting distribution

** Please wait…

** Changing permissions

**

** Upgrading configuration files:

** /opt/merak/config/webserver.dat

**

** Press ENTER to continue, CTRL+C to quit

** Checking if Merak Mail Server is added as system service …

** Note: Merak Mail Server system service can be reinstalled

** by removing already installed service.

**

** Merak Mail Server is already added as system service.

** Delete service? [Y/n]: y

** Removing Merak Mail Server system service.

** Do you want to add Merak Mail Server as a system service? [Y/n]: y

** Adding Merak Mail Server as system service

** Do you want Merak Mail Server to start automatically on reboot? [Y/n]: y

** Making service as autostart

**

** It is possible now to upgrade data to the current version.

** To do this, all services have to be started.

** Note: You can run upgrade process later by command

** in /opt/merak: ./tool upgrade oldversion_

**

** Start services and perform the data upgrade now? [Y/n]: y

** Starting Merak service

** Data upgrade completed successfully

**

** IceWarp Merak Mail Server was successfully installed or upgraded.

**

** Installer log is available in /root/merak-install.log

** Installer error log is available in /root/merak-install-error.log

[root@mail merak-9.3.2_RHEL5.2]# cd /opt/merak

[root@mail merak]# ls
api cal config doc html lib merakd modules pop3 scripts smtp status tool.sh webmail wizard.sh
avast calendar control examples im logs merakd.sh php README.txt sendmail spam tool var wine

[root@mail merak]# ./wizard.sh

**

** Merak Mail Server

** (c) 1999-2008 IceWarp Ltd.

**

** Wizard configuration assistant

**

** Logging is enabled to the following file for future reference:

** Commands: /opt/merak/logs/wizard/merak-wizard-cmd.log

**

** Press [ENTER] to continue, CTRL-C to quit.

[root@mail merak]# netstat -nltup
Active Internet connections (only servers)
Proto Recv-Q Send-Q Local Address Foreign Address State PID/Program name
tcp 0 0 0.0.0.0:32000 0.0.0.0:* LISTEN 15046/control
tcp 0 0 0.0.0.0:993 0.0.0.0:* LISTEN 15100/pop3
tcp 0 0 0.0.0.0:32001 0.0.0.0:* LISTEN 15046/control
tcp 0 0 0.0.0.0:995 0.0.0.0:* LISTEN 15100/pop3
tcp 0 0 0.0.0.0:5222 0.0.0.0:* LISTEN 15073/im
tcp 0 0 0.0.0.0:5223 0.0.0.0:* LISTEN 15073/im
tcp 0 0 0.0.0.0:3306 0.0.0.0:* LISTEN 2109/mysqld
tcp 0 0 0.0.0.0:5229 0.0.0.0:* LISTEN 15060/cal
tcp 0 0 0.0.0.0:366 0.0.0.0:* LISTEN 15115/smtp
tcp 0 0 0.0.0.0:110 0.0.0.0:* LISTEN 15100/pop3
tcp 0 0 0.0.0.0:143 0.0.0.0:* LISTEN 15100/pop3
tcp 0 0 0.0.0.0:465 0.0.0.0:* LISTEN 15115/smtp
tcp 0 0 0.0.0.0:5269 0.0.0.0:* LISTEN 15073/im
tcp 0 0 216.240.142.yyy:53 0.0.0.0:* LISTEN 1898/named
tcp 0 0 216.240.142.yyw:53 0.0.0.0:* LISTEN 1898/named
tcp 0 0 216.240.142.yyf:53 0.0.0.0:* LISTEN 1898/named
tcp 0 0 216.240.142.yyh:53 0.0.0.0:* LISTEN 1898/named
tcp 0 0 216.240.142.yyj:53 0.0.0.0:* LISTEN 1898/named
tcp 0 0 216.240.142.yyl:53 0.0.0.0:* LISTEN 1898/named
tcp 0 0 127.0.0.1:53 0.0.0.0:* LISTEN 1898/named
tcp 0 0 0.0.0.0:8088 0.0.0.0:* LISTEN 15212/ctasd.bin
tcp 0 0 0.0.0.0:25 0.0.0.0:* LISTEN 15115/smtp
tcp 0 0 127.0.0.1:953 0.0.0.0:* LISTEN 1898/named
tcp 0 0 :::22 :::* LISTEN 1996/sshd
tcp 0 0 ::1:953 :::* LISTEN 1898/named
udp 0 0 216.240.142.yyy:53 0.0.0.0:* 1898/named
udp 0 0 216.240.142.yyw:53 0.0.0.0:* 1898/named
udp 0 0 216.240.142.yyf:53 0.0.0.0:* 1898/named
udp 0 0 216.240.142.yyh:53 0.0.0.0:* 1898/named
udp 0 0 216.240.142.yyj:53 0.0.0.0:* 1898/named
udp 0 0 216.240.142.yyl:53 0.0.0.0:* 1898/named
udp 0 0 127.0.0.1:53 0.0.0.0:* 1898/named
udp 0 0 0.0.0.0:41331 0.0.0.0:* 1898/named
udp 0 0 216.240.142.yyy:123 0.0.0.0:* 2014/ntpd
udp 0 0 216.240.142.yyw:123 0.0.0.0:* 2014/ntpd
udp 0 0 216.240.142.yyf:123 0.0.0.0:* 2014/ntpd
udp 0 0 216.240.142.yyh:123 0.0.0.0:* 2014/ntpd
udp 0 0 216.240.142.yyj:123 0.0.0.0:* 2014/ntpd
udp 0 0 216.240.142.yyl:123 0.0.0.0:* 2014/ntpd
udp 0 0 127.0.0.1:123 0.0.0.0:* 2014/ntpd
udp 0 0 0.0.0.0:123 0.0.0.0:* 2014/ntpd
udp 0 0 :::46260 :::* 1898/named
udp 0 0 ::1:123 :::* 2014/ntpd
udp 0 0 :::123 :::* 2014/ntpd
[root@mail merak]#

[root@mail merak]# /sbin/service merak restart
Stopping Merak services: [ OK ]
Stopping Merak daemon: [ OK ]
Starting Merak: [ OK ]
[root@mail merak]#

Testing dengan telnet :
220 mail.qotexxx.info ESMTP IceWarp 9.3.2 RHEL5.2; Tue, 30 Jan 2009 00:54:13 -0800
ehlo localhost
250-mail.qotexxx.info Hello localhost [202.51.xxx.xxx], pleased to meet you.
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-SIZE
250-EXPN
250-ETRN
250-ATRN
250-DSN
250-CHECKPOINT
250-8BITMIME
250-AUTH CRAM-MD5 PLAIN LOGIN DIGEST-MD5
250-STARTTLS
250 HELP
quit
221 2.0.0 mail.qotexxx.info closing connection

Untuk administrasi Merak Mailserver melalui website :
http://mail.qotexxx.info:32000/admin

Untuk administrasi melalui linuxnya :
Starting Merak server and/or services:
[linux]# ./merakd—start
Start merakd and automatically starts all services, except PHP, which
is started when first HTTP request arrives.
[linux]# ./merakd—start control|gw|im|pop3|smtp|all
Start selected service or all services. This command will not start merakd if it is not already running. If control
was started, it will start PHP on first HTTP request.
Stopping Merak server and/or services:
[linux]# ./merakd—stop
Stops all running services, stops merakd and also PHP. This is command for complete shutdown of Merak
server.
[linux]# ./merakd—stop control|gw|im|pop3|smtp|all
Stops selected service or all services. This command will cause to stop PHP together with control and will not
stop merakd.

Selesai. Ternyata semakin mahal softwarenya, semakin cepat pula instalasinya….

hidup Pak Tohir,,,,SysAdmin kita,,,


Sumber : http://henry.gultom.or.id



BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Profil

Foto saya
Jakarta, jakarta selatan, Indonesia
Remaja. Tinggal di Jakarta. Sedang berusaha menemukan jawaban dari "Siapa saya?". Mencintai binar mata kanak-kanak, langit senja, aroma tanah basah, gelembung sabun, cokelat panas, tertawa keras-keras, dan berpelukan. Tergila-gila pada blog, humor, dan segala jenis buku. Teman yang menyenangkan dan menyebalkan, tergantung suasana hati. Baginya, menulis adalah terapi sekaligus sarana pencarian jati diri. Jadi, jangan tertipu oleh tulisan. Sapa dia jika bertemu di jalan, karena dia akan menyapa balik. Tapi jangan coba-coba menginjak kakinya di dalam angkot, atau menghembuskan asap rokok tepat di mukanya.

Followers

Total Tayangan Halaman

Popular Posts