Senin, 04 Januari 2010

Software Oracle sudah di-install, database sudah dibuat, dan listener juga sudah dibuat. Untuk bisa mengakses database di mesin server, suatu client (misalnya PC) harus di-install software Oracle Client. Setelah itu, kita perlu mensetting TNS Names di client tersebut. Tool GUI (wizard) di Oracle versi 8i ke atas adalah netca.

Ketika install software database (RDBMS) Oracle, secara otomatis di-install juga Oracle client. Jadi, di PC yang telah saya install RDBMS Oracle itu juga automatically sudah terinstall Oracle client. So, untuk belajar (lagipula karena keterbatasan jumlah komputer) kita bisa memakai satu PC sebagai server dan client sekaligus.

Berikut ini langkah-langkah (step-step) nya:

1. Jalankan command netca. Kemudian muncul form Welcome. Lihat gambarnya di sini. Pilih “Local Net Service Name configuration”. Selanjutnya klik tombol Next.
2. Berikutnya muncul form Net Service Name Configuration. Lihat gambarnya di sini. Pilih “Add”. Selanjutnya klik tombol Next.
3. Berikutnya masukkan “Service Name”. Lihat gambarnya di sini. Gampangnya saja, service name adalah sama dengan nama instance (SID). Di sini nama instance adalah dataku. Selanjutnya klik tombol Next.
4. Berikutnya pilih protocol. Lihat gambarnya di sini. Protokol adalah sama dengan protokol yang dipakai listener. Saya pakai TCP. Selanjutnya klik tombol Next.
5. Berikutnya masukkan host name (alamat) database server. Lihat gambarnya di sini. Bisa pakai IP dan bisa pakai nama komputer. Di sini saya memakai IP. Selanjutnya klik tombol Next.
6. Berikutnya muncul pertanyaan, apakah akan kita lakukan test?. Lihat gambarnya di sini. Sebaiknya pilih “Yes”. Selanjutnya klik tombol Next.
7. Test koneksi memakai user system dengan password manager (default). Karena password system adalah oracle, maka connection error. Lihat gambarnya di sini. Selanjutnya klik tombol “Change Login”.
8. Masukkan user system dan password-nya yang benar. Lihat gambarnya di sini. Selanjutnya klik tombol OK.
9. Bagus, kini koneksi success. Lihat gambarnya di sini. Selanjutnya klik tombol Next.
10. Berikutnya masukkan nama TNS yang kita kehendaki. Lihat gambarnya di sini. Namanya terserah kita, bebas. Di sini (by default) namanya sama dengan nama service (SID) yang tadi kita masukkan. Selanjutnya klik tombol Next.
11. Apakah akan meng-configure TNS yang lainnya?. Lihat gambarnya di sini. Pilih “No” dan klik tombol Next.
12. Selanjutnya, berhasil. Lihat gambarnya di sini. Kalau ingin mensetting yang lainnya pakai netca, klik Next. Kalau cukup sekian ya klik Cancel.

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Profil

Foto saya
Jakarta, jakarta selatan, Indonesia
Remaja. Tinggal di Jakarta. Sedang berusaha menemukan jawaban dari "Siapa saya?". Mencintai binar mata kanak-kanak, langit senja, aroma tanah basah, gelembung sabun, cokelat panas, tertawa keras-keras, dan berpelukan. Tergila-gila pada blog, humor, dan segala jenis buku. Teman yang menyenangkan dan menyebalkan, tergantung suasana hati. Baginya, menulis adalah terapi sekaligus sarana pencarian jati diri. Jadi, jangan tertipu oleh tulisan. Sapa dia jika bertemu di jalan, karena dia akan menyapa balik. Tapi jangan coba-coba menginjak kakinya di dalam angkot, atau menghembuskan asap rokok tepat di mukanya.

Followers

Total Tayangan Laman

Popular Posts

Blog Archive