Senin, 04 Januari 2010



Software Tutorial, - 5 Januari 2010

Untuk belajar database Oracle ataupun keperluan development, kita bisa menginstall software Oracle di komputer (PC) kita. Misalkan kita menginstall database Oracle di PC kita yang punya memory 1 GB dan hard disk puluhan GB. Terus, setelah install kok performance PC jadi lambat, ya. Kenapa?

Ketika instalasi, kita ditanya apakah akan membuat database sekalian? Lihat gambar di atas.

Kalau “create starter database” kita check, maka setelah installasi, installer akan membuat database. Pada contoh gambar di atas, pilihan ini tidak saya ambil.

Tentu saja database Oracle memakai memory. Kalau memory database Oracle terlalu besar untuk ukuran PC kita, jelas… PC akan jadi lambat. Untuk melihat berapa memory yang sedang dipakai, gunakan windows Task Manager.

Kalau memory yang dipakai Oracle terlalu besar untuk ukuran PC kita, untuk itu kita bisa menurunkannya. Cara menurunkan alokasi memory di database Oracle:

1. Edit init (instance) parameter.
Misalkan saya akan menurunkan memory menjadi 200MB. Buka command prompt, jalankan SQLPLUS
C:\>sqlplus "/ as sysdba"
SQL> alter system set sga_target=209715200 scope=spfile;
2. Restart database
SQL> shutdown immediate
SQL> startup

Di Windows, database server (instance) kita dibuatkan service. Untuk melihatnya, dari Control Panel, buka Administrative Tools, kemudian buka Services. Lihat gambar di bawah ini (dalam contoh ini, nama database dan instance adalah DATAKU).

Startup Type services punyanya Oracle biasanya dibuat Automatic. Dalam contoh ini, ada 3 yaitu:
- OracleDBConsoleNAMADATABASE
- OracleNAMAHOMETNSListener
- OracleServiceNAMAINSTANCE

Agar service-service tersebut tidak segera naik waktu PC baru startup, ubah Startup Type menjadi Manual.

Terus, kalau database Oracle sedang tidak kita pakai, service-service tersebut dimatikan saja. Dan nyalakan kalau sedang dipakai saja sehingga resource (khususnya memory) tidak terbuang sia-sia.

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Profil

Foto saya
Jakarta, jakarta selatan, Indonesia
Remaja. Tinggal di Jakarta. Sedang berusaha menemukan jawaban dari "Siapa saya?". Mencintai binar mata kanak-kanak, langit senja, aroma tanah basah, gelembung sabun, cokelat panas, tertawa keras-keras, dan berpelukan. Tergila-gila pada blog, humor, dan segala jenis buku. Teman yang menyenangkan dan menyebalkan, tergantung suasana hati. Baginya, menulis adalah terapi sekaligus sarana pencarian jati diri. Jadi, jangan tertipu oleh tulisan. Sapa dia jika bertemu di jalan, karena dia akan menyapa balik. Tapi jangan coba-coba menginjak kakinya di dalam angkot, atau menghembuskan asap rokok tepat di mukanya.

Followers

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive