Senin, 04 Januari 2010

Berikut ini cara mengetahui informasi seputar konfigurasi database Oracle yang kita maintain. Informasi ini sangat penting diketahui, terutama bagi DBA yang databasenya di-install/create/configure oleh orang (DBA) lain.

Informasi tentang environment Operating System (OS)
Salah satu informasi yang paling penting adalah ORACLE_HOME, yaitu directory di mana instalasi Oracle ditaruh. Lihat environment OS di sini:

1. Di Windows, lihat di registry My Computer --> HKEY_LOCAL_MACHINE --> SOFTWARE --> ORACLE
2. Di Unix, lihat di user profile dari database owner. Untuk shell sh/ksh/bash, user profile ada di file .profile. Untuk shell csh/tcsh, user profile ada di file .login

Informasi parameter Instance (init file)
Lokasinya ada di $ORACLE_HOME/dbs untuk OS Unix, atau %ORACLE_HOME%\database untuk Windows. Lebih detail silahkan lihat Teori dan Administrasi init file (pfile dan spfile).

Parameter instance, kalau tidak di-specify di init file, maka Oracle akan memberi nilai default. Ketika instance up, kita bisa melihat parameter-parameter instance melalui view v$parameter. Contoh:

SQL> select NAME,VALUE,ISDEFAULT from v$parameter order by name;

Kolom NAME adalah nama parameter. Kolom VALUE adalah nilai dari parameter tersebut. Kolom ISDEFAULT, kalau bernilai YES berarti nilai tersebut masih merupakan nilai default atau belum di-specify.

Feature (option) database yang sudah ter-install
Ketika meng-install software database Oracle, kita diberi 3 pilihan jenis instalasi yaitu standart, enterprise, atau custom. Feature (option) mana saja yang akan turut di-install, ya tergantung pilihan kita tersebut. Untuk mengetahui option apa saja yang include dalam software database Oracle yang telah kita install, query ke view v$option.

SQL> select * from v$option order by parameter;

Feature (option) yang dipakai oleh database
Ketika kita membuat database, tidak semua feature database Oracle (yang telah kita install) kita butuhkan. Untuk melihat feature yang dipakai oleh database, query view dba_registry

SQL> select COMP_NAME,VERSION,STATUS from dba_registry;

Jadi, perlu dipahami betul beda informasi antara yang di VIEW v$option dan di dba_registry. Feature (option) yang di-install (ada di v$option) belum tentu dipakai oleh database (ada di dba_registry). Sebaliknya, feature yang dipakai database (ada di dba_registry) sudah pasti merupakan feature yang sudah ada dalam instalasi software database Oracle (ada di view v$option).

Informasi tentang properties database
Contoh properties database adalah default tablespace (permanent dan temporary), timezone, character set, language, dll. Informasi tersebut bisa dilihat dengan query ke view database_properties.

SQL> select PROPERTY_NAME,PROPERTY_VALUE
from database_properties order by PROPERTY_NAME;

Sumber : http://rohmad.net

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Profil

Foto saya
Jakarta, jakarta selatan, Indonesia
Remaja. Tinggal di Jakarta. Sedang berusaha menemukan jawaban dari "Siapa saya?". Mencintai binar mata kanak-kanak, langit senja, aroma tanah basah, gelembung sabun, cokelat panas, tertawa keras-keras, dan berpelukan. Tergila-gila pada blog, humor, dan segala jenis buku. Teman yang menyenangkan dan menyebalkan, tergantung suasana hati. Baginya, menulis adalah terapi sekaligus sarana pencarian jati diri. Jadi, jangan tertipu oleh tulisan. Sapa dia jika bertemu di jalan, karena dia akan menyapa balik. Tapi jangan coba-coba menginjak kakinya di dalam angkot, atau menghembuskan asap rokok tepat di mukanya.

Followers

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive