Jumat, 08 Januari 2010

Software Tutorial, - 8 Januari 2010

Salah satu kelebihan utama dari database Oracle 10g bila dibanding versi sebelumnya adalah kemudahan dalam melakukan administrasi database. Salah satu contoh kemudahan yang ditawarkan adalah adanya task yang dilakukan secara otomatis oleh database. Pada bab ini, kita akan mencoba secara proaktif mengatur dan mengotomatiskan beberapa task yang berhubungan dengan konfigurasi Oracle Instance Memory. Dengan automatic memory configuration, kita bisa menghemat waktu untuk melakukan pembenahan terhadap masalah yang terjadi pada database.

Memory Advisor adalah sebuah intelligent expert system dalam database Oracle yang secara proaktif menentukan seting yang optimal untuk beberapa komponen SGA dan PGA. Oracle akan secata otomatis menyesuaikan seting berbagai komponen pool dan cache mengikuti kebutuhan workload.

Mengganti Ukuran Total SGA Size

Kita akan mulai dengan mengganti ukuran Total SGA Size. Untuk mengganti ukuran Total SGA Size, kita harus memastikan bahwa ukuran Maximum SGA Size sudah cukup.

  1. Buka web browser, dan masukkan alamat EM. Misal http://localhost:1158/em. Masukkan sys pada username dan oracle pada password. Connect sebagai SYSDBA, kemudia klik tombol Login.
  2. Scroll halaman ke bawah pada Database home page dan klik Advisor Central di bawah Related Links.
  3. Klik Memory Advisor.
  4. Perlu diketahui bahwa Total SGA Size dan Maximum SGA Size adalah 276 MB. (Anda nanti akan me-reset kembali) Kemudian scroll ke bawah, dan ganti ukuran Maximum SGA Size menjadi 300 MB, lanjutkan dengan klik Apply.
  5. Jika parameter Maximum SGA Size sudah diganti, database perlu untuk di-restart. Klik Yes.
  6. Isi Host Credentials dan Database Credentials dengan nilai berikut. Kemudian klik OK.
    Host Credentials
    Username: oracle
    Password: oracle
    Database Credentials
    Username: sys
    Password: oracle
    Connect As: SYSDBA

  7. Konfirmasi lokasi spfile dan klik Yes untuk me-restart database.
  8. Database sedang progress untuk restart. Tunggu beberapa saat, kemudian klik Refresh.
  9. Jika anda ingin logout terlebih dulu, klik Logout.

    Kemudian mulai login dengan klik Login.

    Masukkan sys pada username, dan oracle pada password. Connect sebagai SYSDBA. Klik Login.
  10. Scroll ke bawah dan klik Advisor Central dibawah Related Links.
  11. Klik Memory Advisor.
  12. Scroll ke bawah kemudian klik Advice.
  13. Grafik berikut menunjukkan penggunaan SGA. Klik OK.
    Note: Grafik bervariasi tergantung pada workload.
  14. Ganti ukuran parameter Total SGA Size menjadi 290 MB. Klik Apply.
  15. Kita lihat bahwa alokasi berbagai komponen SGA diganti secara otomatis.

  16. Set ukuran parameter Total SGA Size dan Maximum SGA Size menjadi nilai yang ada pada step 4, misal 276 MB. Klik Apply. Kemudian ikuti langkah-langkah untuk restart database yang sudah ada diatas.

Menggunakan PGA Advisor

Untuk mengalokasikan memory yang terkait dengan SGA, ikuti langkah berikut.

  1. Klik tab PGA.
  2. Klik Advise.
  3. Grafik PGA Aggregate Target Advice menunjukkan frekuensi data yang ditemukan di cache, oleh karena itu tidak perlu adanya akses ke disk. Pada kasus ini, perlu dicatat bahwa current PGA Aggregate Size diset kira-kira 92 MB, dan 100% dari keseluruhan service yang diminta didapat dari memory. PGA Aggregate Size menunjukkan bahwa (didasarkan pada current workload dan jumlah session dalam database) tidak lebih dari 92 MB yang seharusnya dialokasikan untuk semua PGA di dalam database. Klik Cancel.
    Note: Grafik bisa bervariasi tergantung pada workload.
  4. Klik PGA Memory Usage Details.
  5. Grafik berikut menunjukkan penggunaan secara detail permintaan penggunaan memory dan persentase eksekusi untuk berbagai memory PGA yang diminta. Klik OK.

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Profil

Foto saya
Jakarta, jakarta selatan, Indonesia
Remaja. Tinggal di Jakarta. Sedang berusaha menemukan jawaban dari "Siapa saya?". Mencintai binar mata kanak-kanak, langit senja, aroma tanah basah, gelembung sabun, cokelat panas, tertawa keras-keras, dan berpelukan. Tergila-gila pada blog, humor, dan segala jenis buku. Teman yang menyenangkan dan menyebalkan, tergantung suasana hati. Baginya, menulis adalah terapi sekaligus sarana pencarian jati diri. Jadi, jangan tertipu oleh tulisan. Sapa dia jika bertemu di jalan, karena dia akan menyapa balik. Tapi jangan coba-coba menginjak kakinya di dalam angkot, atau menghembuskan asap rokok tepat di mukanya.

Followers

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive