Selasa, 09 Februari 2010

Mikrotik, 10 Januari 2010

Internetworking

Menyambungkan komputer dengan komputer lain dapat dilakukan dengan cara langsung menggunakan kabel jaringan ataupun dengan peralatan tambahan. Jika Anda ingin menyambungkan beberapa komputer di dalam satu ruangan sudah pasti Anda memerlukan peralatan penyambung seperti hub atau switch.

Hub maupun switch mempunyai kemampuan untuk menyambungkan pada jarak yang berdekatan kapasitas bandwidth mulai dari 10Mbps sampai 1000Mbps. Namun sayang kecepatan tinggi tersebut hanya bisa dinikmati di dalam ruangan saja (local areanetwork – LAN). Untuk menyambungkan ruangan Anda dengan dunia luar Anda memerlukan peralatan yang disebut router.

Berhubungan dengan dunia luar atau Internet berarti Anda akan menghadapi Internetworking yang memiliki prinsip dasar sebagai berikut:

  • Pengalamatan secara konsisten
  • Memiliki topologi jaringan yang mewakili pengalamatan
  • Pemilihan jalur pengiriman data (teresterial, gelombang mikro, satelit, fiber optik dan lainnya)
  • Penggunaan routing statik maupun dinamik
  • Menyambungkan berbagai tempat secara online tanpa keterbatasan waktu penyambungan.

Router adalah peralatan yang bekerja pada layer 3 OSI dan sering digunakan menyambungkan jaringan luas (Wide Area Network- WAN) atau untuk melakukan segmentasi Layer 3 di LAN. WAN seperti halnya LAN juga beroperasi di layer 1,2 dan 3 OSI sehingga router yang digunakan untuk menyambungkan LAN dan WAN harus mampu mendukung.

Router Berbasis PC

Mikrotik routerOS® adalah router software yang dapat menggunakan peralatan embeded (minimum sistem) maupun menggunakan PC (personal komputer) serta kompatible dengan IBM PC X86. Mikrotik routeOS® dibangun dengan menggunakan kernel Linux, berbagai macam software pengelolahan jaringan dan dikemas menjadi satu dengan proprietari software dan diproduksi oleh Mikrotik di Latvia.

Mikrotik RouterOS® mampu menggunakan protokol WAN seperti ISDN, PPP, Frame Relay maupun penggunaan komunikasi secara synchronous maupun asynchronous dengan dukungan berbagai kartu tambahan dari pihak ketiga. Mikrotik routerOS® selain dapat berfungsi sebagai router juga dilengkapi dengan fungsi-fungsi firewall, tunneling, bridging dan IP security.

Komunikasi nirkabel bukan merupakan hambatan untuk Mikrotik routerOS® karena Anda bisa mempunyai pilihan kartu nirkabel mulai dari kartu standar paling sederhana sampai menggunakan radio yang proprietari Mikrotik. Bahkan Anda bisa menggunakan Access Point maupun Virtual Access Point. Mikrotik juga bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan jaringan lokal dengan cara segmentasi. Mikrotik dapat menggunakan teknologi Hotspot untuk mengamankan access ke jaringan Lokal baik menggunakan kabel maupun nirkabel.

Mikrotik memiliki kemampuan pengamanan jaringan menggunakan firewall yang bisa digunakan secara “statefull” maupun “stateless”. Kemampuan paket tracking Mikrotik memungkinkan administrator untuk melakukan monitoring jaringan dan melakukan analisa dan trobleshooting. Kemampuan monitor ini mampu menghasilkan informasi dengan format software pihak ketiga sehingga memudah-kan Administrator jaringan bekerja dengan software monitoring seperti Cisco Netflow® maupun NTOP.

Mikrotik mampu difungsikan sebagai proxy server dengan dukungan Squid. Proxy server ini dapat digunakan secara normal maupun secara transparant. Fungsi keamanan proxy ini dapat dengan mudah diatur berdasarkan tujuan, sumber maupun cara access ke tujuan.

sumber : http://penerbitdatakom.com

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Profil

Foto saya
Jakarta, jakarta selatan, Indonesia
Remaja. Tinggal di Jakarta. Sedang berusaha menemukan jawaban dari "Siapa saya?". Mencintai binar mata kanak-kanak, langit senja, aroma tanah basah, gelembung sabun, cokelat panas, tertawa keras-keras, dan berpelukan. Tergila-gila pada blog, humor, dan segala jenis buku. Teman yang menyenangkan dan menyebalkan, tergantung suasana hati. Baginya, menulis adalah terapi sekaligus sarana pencarian jati diri. Jadi, jangan tertipu oleh tulisan. Sapa dia jika bertemu di jalan, karena dia akan menyapa balik. Tapi jangan coba-coba menginjak kakinya di dalam angkot, atau menghembuskan asap rokok tepat di mukanya.

Followers

Total Tayangan Halaman

Popular Posts