Jumat, 19 Februari 2010

MySQL, 19 februari 2010

Ada bermacam-macam cara untuk membuat database di MySQL (dikenal juga dengan nama schema), yaitu dengan menggunakan command line maupun menggunakan software yang dibuat oleh vendor lain.

Menggunakan Command Line
Bila kita memutuskan untuk menggunakan command line, berarti kita mesti hafal syntax untuk membuat database. Syntax-nya cukup sederhana: CREATE DATABASE nama_database. Tentunya kita mesti punya account mysql yang mempunyai hak membuat database.

contoh:

mysql> CREATE DATABASE dagunetdb;

Jangan lupa tanda titik koma, setelah itu tekan enter. Selesai.

Menggunakan PHPMyAdmin

PHPMyAdmin adalah web-based application yang digunakan untuk mengelola database. PHPMyAdmin ditulis dalam bahasa PHP. Bisa di-download di sini. Gratis kok. Untuk membuat database, cukup login ke PHPMyAdmin (diperlukan user mysql yang mempunyai hak membuat database). Di halaman depan terdapat kotak isian untuk mengisi nama database. Bila sudah, klik tombol Create. Selesai.

Membuat database dengan PHPMyAdmin

Membuat database dengan PHPMyAdmin

Menggunakan MySQL Query Browser
Bila PHPMyAdmin berbasis web. Maka MySQL Query Browser berbasis desktop. Software ini buatan mysql.com. Dan asiknya, bisa di-download gratis. Download MySQL Query Browser di sini. Cara membuat database cukup dengan menekan Ctrl + N. Isikan nama database di kotak isian pada pop-up window yang muncul. Klik OK.
Selesai.

sumber : http://wiki.realxtend.org
Membuat database dengan MySQL Query Browser

Membuat database dengan MySQL Query Browser

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Profil

Foto saya
Jakarta, jakarta selatan, Indonesia
Remaja. Tinggal di Jakarta. Sedang berusaha menemukan jawaban dari "Siapa saya?". Mencintai binar mata kanak-kanak, langit senja, aroma tanah basah, gelembung sabun, cokelat panas, tertawa keras-keras, dan berpelukan. Tergila-gila pada blog, humor, dan segala jenis buku. Teman yang menyenangkan dan menyebalkan, tergantung suasana hati. Baginya, menulis adalah terapi sekaligus sarana pencarian jati diri. Jadi, jangan tertipu oleh tulisan. Sapa dia jika bertemu di jalan, karena dia akan menyapa balik. Tapi jangan coba-coba menginjak kakinya di dalam angkot, atau menghembuskan asap rokok tepat di mukanya.

Followers

Total Tayangan Halaman

Popular Posts