Rabu, 06 Januari 2010

Software Tutorial,- 6 Januari 2010

Konsep
Setiap orang yang akan mengakses ke suatu database Oracle harus memiliki database user account atau biasa dikenal dengan user name. Pada database Oracle, user ada didalam database artinya user merupakan bagian dari suatu database. Berbeda dengan konsep user yang ada di database lain seperti MySQL atau SQL Server 2000, pada kedua database tersebut user ada diluar database. Ilustrasi perbedaan konsep user antara database Oracle dengan database MySQL atau SQL Server 2000 bisa dilihat pada gambar berikut:
Konsep User dan Schema di database Oracle

Jadi agar user bisa mengakses ke database database dibuat dulu user account-nya. User yang berhak membuat user account adalah user SYS atau user SYSTEM. User SYS dan SYSTEM adalah user yang sudah ada di dalam database dan mempunyai wewenang untuk melakukan administrasi database. User SYS dan SYSTEM dibuat bersamaan dengan proses membuat database. Jadi begitu anda selesai membuat database atomatis sudah ada user SYS dan SYSTEM.

Perhatikan lagi gambar diatas, dalam satu database akan terdapat banyak user dan setiap user akan mempunyai banyak objek seperti tabel, indek, trigger, procedure dan function. Pengelompokan objek-objek secara logik di dalam database berdasarkan user pemiliknya disebut schema. Jadi setiap user pasti punya schema, schema atomatis terbentuk ketika user dibuat. Satu user hanya dihubungkan ke satu schema dan nama user sama dengan nama schema. Berarti user dan schema adalah hal yang sama.

Pemahaman lebih kanjut, secara logik user atau schema di database Oracle sebenarnya sama dengan apa yang disebut database di My SQL atau SQL Server 2000.

Kapan kita harus membuat user atau schema ?. Berdasarkan konsep diatas, user dan schema dibuat ketika ingin membangun suatu aplikasi. Sebagai contoh, ketika Anda ingin membuat aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian atau HRD sebaiknya buat user atau schema dengan nama HRD (Masalah nama schema terserah Anda, tetapi sebaiknya mencerminkan nama aplikasi). Selanjutnya semua tabel dan object database lain yang berkaitan dengan aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian akan di simpan di schema HRD.

Membuat User/Schema

Ingat, tadi sudah disebutkan bahwa yang berhak untuk membuat user adalah user SYS atau SYSTEM atau user yang sudah diberi privilege untuk CREATE USER (tentang privilige akan dibahas tersendiri). Lakukan koneksi ke database sebagai user SYS.

1. Pada form login SQL*Plus, ketik sebagai berikut:

atau pada prompt SQL> ketik :

SQL> connect / as sysdba
Connected.

2. Buat user/schema HRD dengan password ORACLE

SQL> CREATE USER hrd
2 IDENTIFIED BY oracle
3 DEFAULT TABLESPACE users
4 QUOTA 10 M ON users;

3. Beri ijin user HRD untuk login ke database, buat tabel dan buat index

SQL> GRANT CREATE SESSION,
2 CREATE TABLE,
3 CREATE INDEXTYPE
4 TO hrd;

4. Lakukan koneksi ke database menggunakan user account BUDI

SQL> CONNECT hrd
Enter password: ******
Connected.
SQL> show user
USER is “HRD”

Materi User dan Schema selesai, Terima kasih.

Sumber : http://www.klik-oracle.web.id

1 komentar:

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Profil

Foto saya
Jakarta, jakarta selatan, Indonesia
Remaja. Tinggal di Jakarta. Sedang berusaha menemukan jawaban dari "Siapa saya?". Mencintai binar mata kanak-kanak, langit senja, aroma tanah basah, gelembung sabun, cokelat panas, tertawa keras-keras, dan berpelukan. Tergila-gila pada blog, humor, dan segala jenis buku. Teman yang menyenangkan dan menyebalkan, tergantung suasana hati. Baginya, menulis adalah terapi sekaligus sarana pencarian jati diri. Jadi, jangan tertipu oleh tulisan. Sapa dia jika bertemu di jalan, karena dia akan menyapa balik. Tapi jangan coba-coba menginjak kakinya di dalam angkot, atau menghembuskan asap rokok tepat di mukanya.

Followers

Total Tayangan Halaman

Popular Posts